nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Virus Korona, Investasi dari China Tertunda

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 17:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 20 320 2171612 dampak-virus-korona-investasi-dari-china-tertunda-S9tFTijtaF.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut wabah virus korona akan membuat tertundanya investasi dari China. Hal itu seiring sulitnya investor datang ke Indonesia.

"Kita berharap tak terlalu banyak proyek yang tertunda. Mungkin ada beberapa ratus juta dolar karena ada proyek-proyek yang sekarang USD5 miliar. Seperti, di Indonesia Timur yang kita harap bisa kita percepat lagi prosesnya," ujar dia pada Rakornas Investasi 2020 di, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut Ada Investasi Rp708 Triliun Berhenti di Depan Pintu

Menurut dia, pada dasarnya investasi dari China tetap berjalan. Namun saja sedikit tertunda. Sedangkan untuk investasi dari negara lain selain China masih berlangsung normal.

"Investasi tetap jalan ke Indonesia, namun tertundanya karena banyak orang yang terutama dari Tiongkok belum datang," kata dia.

Baca juga: RI Incar Investasi Sektor Industri dari Korsel

Dia menambahkan, dampak virus korona ini secara global, khususnya Indonesia. Seperti penurunan devisa untuk turis asing. Pasalnya turis dari China yang biasanya berjumlah 2 juta orang menurun akibat virus tersebut.

"Kita cuma 2 juta, jadi sangat kecil. Turis China ke Singapura 6 juta, turis China ke Jepang 6 juta. Kita baru 2 juta saja sudah ribut. Padahal itu memberikan kontribusi pada perdagangan dan lapangan kerja. Ini harus segera kita perbaiki," ungkap dia.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini