Baru Bangun Rumah? Jangan Lupa Persiapan Perawatannya!

Vania Halim, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 470 2171639 baru-bangun-rumah-jangan-lupa-persiapan-perawatannya-JRBf9oMGvj.jpg Dekorasi Ruangan (Thespruce)

JAKARTA - Usai membangun rumah, pastinya kamu tidak akan lega begitu saja. Para penghuni baru, pastinya harus menyiapkan biaya saat perawatan.

Biaya perawatan tersebut perlu diperhatikan apalagi akan dihuni selama jangka waktu tertentu. Jangan sampai demi mengejar biaya pembangunan yang murah, kita salah memperhitungkan desain atau memakai bahan material yang kurang awet.

Mengutip buku 'Rumah Murah Seri Rumah Ide', karya Imelda Akmal, Architectural Writer Studio, ada beberapa cara melihat dua sisi yang berbeda untuk menekan biaya perawatan. Berikut caranya:

 Baca juga: Maskimalkan Fungsi Ruang Bawah Tangga, Begini Caranya

Dari sisi Desain

Pengeluaran utama pada rumah tinggal untuk jangka panjang mencakup biaya listrik, air, dan biaya perawatan bangunan yang lain.

Pada awal perancangan sebaiknya diperhitungkan jumlah titik lampu dan adatidaknya sistem pendingin ruang sehingga biaya bulanan bisa dihemat.

Berpikir Murah Secara Berkesinambungan

Kita beruntung tinggal di Indonesia yang mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Manfaatkan cahaya alami sebagai penerangan ruang pada siang hari.

 Baca juga: Pentingnya Sekat Pemisah Antar Ruangan untuk Jaga Privasi di Rumah

Sebaiknya desain ruang mendapatkan terang langit. erlebih untuk ruang yang dipakai sepanjang hari, seperti ruang keluarga dan ruang baca.

Untuk area dapur dan kamar mandi sebaiknya mendapat sinar matahari langsung pada pagi atau sore hari untuk mengurangi kelembapan dan munculnya jamur.

Sebaiknya, area basah dikumpulkan di satu zona. Selain mengurangi biaya pipa, juga mengurangi beban listrik untuk menarik air dari sumbernya.

Limbah grey water sebisa mungkin diolah dan digunakan kembali untuk menyiram tanaman.

Desain ruang yang lapang dengan banyak ruang terbuka tanpa sekat serta sistem ventilasi silang dapat mempelancar aliran udara. Hasilnya, kita tidak perlu menggunakan pendingin ruang.

Jika curah hujan yang cukup tinggi, teritisan sebaiknya didesain cukup panjang untuk mengurangi tempias air hujan. Tempias air yang terus menerus dapat memperpendek umur kayu dan membuat jamur serta lumut tumbuh subur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini