RI Tak Kalah dengan Eropa dan Amerika dalam Teknologi

Irene, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 15:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 21 320 2172127 ri-tak-kalah-dengan-eropa-dan-amerika-dalam-teknologi-98MOijz6Ez.jpg Presiden Jokowi Resmikan Pabrik PT Asia Pacific Rayon. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin membuktikan bahwa perkembangan teknologi tidak hanya terjadi di kota besar atau negara maju saja. Pengembangan teknologi juga ada di daerah seperti Riau.

Dirinya mengapresiasi dengan melihat penggunaan teknologi yang dapat mengubah serat kayu rayon (viscose) menjadi kain. Teknologi tersebut diterapkan oleh pabrik PT Asia Pacific Rayon, di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Baca Juga: 5 Jurus Menperin Kerek Pertumbuhan Industri

”Ini sebuah teknologi yang juga perlu diberikan apresiasi. Jangan berpikir yang namanya teknologi itu hanya ada di Eropa, teknologi hanya ada di Jerman, teknologi hanya ada di Skandinavia. Di Indonesia pun ada dan itu di Kabupaten Pelalawan, bukan di Jakarta, bukan di Jawa, tapi di Pelalawan, Riau. Ini yang banyak tidak diangkat,” ujar Presiden, dilansir dari Setkab, saat acara peresmian Pabrik PT Asia Pacific Rayon, Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Fakta Pertumbuhan Ekonomi Ditarget 5,3%, Butuh Investasi Berapa Banyak?

Menurut Jokowi, hal ini perlu diangkat, bahwa Indonesia tidak kalah dengan Eropa dan Amerika dalam teknologi karena telah menerapkan dengan mengubah serat kayu menjadi kain dan akhirnya garmen.

”Oleh sebab itu saya titip kepada Pak Menteri Perindustrian, jangan sampai industri garmen kita itu kalah bersaing dengan Vietnam. Kita sudah punya bahan baku sendiri sekarang, dari sini. Karena persaingan kita ini sekarang persaingan antar negara, bukan antar kabupaten, bukan antar provinsi, bukan antar perusahaan tapi sudah antar negara,” pesan Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengingatkan bahwa negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat. ”Bukan negara kaya mengalahkan negara yang miskin, bukan negara besar mengalahkan negara kecil, tapi negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat,” tambahnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi meresmikan pabrik PT Asia Pacific Rayon. Turut mendampingi Presiden dalam acara ini Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan KSP Mooeldoko.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini