Wapres Ma'ruf Sebut Indonesia Kaya Sumber Alam tapi Kurang Penguasaan Iptek

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 320 2173447 wapres-ma-ruf-sebut-indonesia-kaya-sumber-alam-tapi-kurang-penguasaan-iptek-CqDwsnAAVn.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan Sumber Daya Alam. Namun, kurangnya penguasaan Iptek dalam berinovasi maka nilai tambah yang dihasilkan masih kalah dengan negara maju.

Oleh karena itu, lanjutnya, peningkatan sumber daya iptek menjadi sangat penting. Hal ini agar dapat meningkatkan nilai tambah dari kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

 Baca juga: Wapres Minta Pengembangan Teknologi Terkoneksi Dunia Usaha dan Industri

“Untuk membangun inovasi dan daya saing, diperlukan peran dari dunia industri, pemerintah dan akademisi. Saat ini, peran dari ketiganya tersebut masih lemah sehingga inovasi dan daya saing Indonesia tertinggal dari negara lain,” ujarnya mengutip WapresRI, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Wapres pun menegaskan kembali bahwa ke depan BPPT harus memiliki agenda riset dan inovasi prioritas yang terkoneksi dengan dunia usaha dan dunia industri. Selain itu, inovasi tersebut juga harus memberikan manfaat bagi masyarakat, serta meningkatkan daya saing ekonomi nasional.

 Baca juga: RI Tak Kalah dengan Eropa dan Amerika dalam Teknologi

“Negara maju adalah negara yang dapat mengkaitkan semua fungsi dan unsur perkembangan iptek ke dalam suatu sistem iptek secara efisien dan efektif, sehingga mampu mendayagunakan kekayaan dan lingkungan alam untuk menunjang kesejahteraan dan meningkatkan kualitas kehidupannya,” pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini