nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertemu Country Director Bank Dunia RI-Timor Leste, Ini yang Dibahas Menkeu

Hansel Jevera, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 21:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 27 20 2175271 bertemu-country-director-bank-dunia-ri-timor-leste-ini-yang-dibahas-menkeu-ExTQ2zqCk5.jpg Sri Mulyani (Foto: Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menerima kunjungan Country Director Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kristina Kahkonen. Pasalnya, Satu Kahkonen baru menduduki jabatan tersebut sejak Februari 2020.

Seperti diketahui, Satu Kahkonen sebelum bertugas di Indonesia menjabat Country Direktor Bank Dunia untuk Ukraina, Moldova dan Belarus. Oleh sebab itu, Sri Mulyani membahas beberapa hal mengenai Ukraina.

 Baca juga: Virus Korona, Bank Dunia Tawarkan Bantuan Teknis tapi Bukan Uang

Menurutnya, Satu Kahkonen merupakan orang yang tepat untuk ditempatkan di Indonesia. "Sesuai dengan kompetensi dan latar belakang profesionalnya yang terkait reformasi di sektor keuangan," ujarnya mengutip Instagram @SMIndrawati, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Seperti diketahui, latar belakang pendidikan Satu Kahkonen yang memegang gelar Ph.D di bidang ekonomi dari University of Pennsylvania. Serta penulis tiga buku tentang pembangunan ekonomi, dan telah menerbitkan banyak laporan ekonomi dan makalah penelitian.

 Baca juga: Mari Elka Jabat Direktur Pelaksana Bank Dunia, Apa Tugasnya?

Apalagi, Indonesia dan Ukraina yang merupakan tempat menjabat sebelumnya memiliki konteks dan lingkungan yang berbeda tetapi beberapa tantangannya mirip

"Misalnya masalah subsidi dan produktifitas tenaga kerja," ujarnya.

Pada sektor keuangan, Lanjut Sri Mulyani, Indonesia perlu financial deepening karena dari 250 juta penduduk hanya 100-150 ribu yang aktif bergerak di pasar modal. Dengan berbagai perkembangan instrumen-instrumen baru baik dalam bentuk saham, obligasi konvensional maupun syariah tetap belum dapat menarik investor baru.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini