Pemerintah Gelontorkan Rp500 Miliar untuk Diskon Tiket Pesawat

Isty Maulidya, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 01 320 2176328 pemerintah-gelontorkan-rp500-miliar-untuk-diskon-tiket-pesawat-Ae0t8WHNq6.jpg Pesawat (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

TANGERANG - Menurunnya angka kunjungan pariwisata domestik membuat pemerintah Indonesia akhirnya memberikan insentif tiket pesawat ke 10 destinasi wisata. Tak hanya itu, insentif juga akan diberikan lewat subsidi bahan bakar pesawat serta pengelolaan pesawat di bandara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pemberian insentif di sektor pariwisata tersebut merupakan hasil kontribusi berbagai pihak dan akan dibagi menjadi beberapa bagian.

Baca Juga: Fakta Diskon Tiket Pesawat 50%, Dimulai Hari Ini

Pertama adalah dengan pemberian diskon tiket pesawat sebesar 30%. Diskon tersebut berasal dari dana APBN sebesar Rp500 miliar untuk penurunan harga harga tiket. Penumpang bisa memanfaatkan diskon tersebut untuk terbang ke 10 destinasi wisata pilihan melalui Bandara Soekarno-Hatta.

"Pemerintah menyediakan dana tunai sebesar lebih dari Rp500 miliar yang akan diberikan diskon kurang lebih 30% kepada semua penerbangan dari Jakarta ke 10 destinasi wisata dan mungkin akan bertambah apabila ada peningkatan penumpang," ujarnya di APSpace Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu 29 Februari 2020.

Baca Juga: Besok, Diskon Tiket Pesawat 50% Sudah Bisa Dinikmati

Selain dana APBN dari pemerintah pusat, PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II juga turut memberikan kontribusi sebesar 30%. Kemudian 15% berasal dari Pertamina untuk subsidi bahan bakar pesawat, dan 5% sisanya berasal dari Airnav.

"Selain subsidi tiket pesawat yang kedua bandara sepakat untuk memberikan diskon 20% pelayanan jasa penumpang bagi mereka yang naik ke 10 destinasi wisata dan dari Pertamina akan menurunkan harga avtur sebesar 10%," terangnya.

Diskon tiket pesawat tersebut akan berlaku bagi penumpang yang melakukan perjalanan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke 10 destinasi wisata pilihan yaitu Batam, Denpasar, Yogyakarta Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pandan dan Tanjungpinang. Penumpang sudah bisa memesan tiket pesawat murah tersebut mulai hari ini.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini