Share

Penerbangan dari Korea hingga Jepang Tidak Dilarang, Menhub: Kita Berikan Pengawasan Khusus

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 320 2178195 penerbangan-dari-korea-hingga-jepang-tidak-dilarang-menhub-kita-berikan-pengawasan-khusus-KBBAwZqj5g.JPG Pesawat. Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum menghentikan sementara penerbangan menuju dan dari empat negara yang menjadi episentrum dari virus korona. Keempat negara tersebut yakni Korea Selatan, Jepang, Iran dan Italia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hingga saat ini rekomendasi penerbangan dari dan menuju empat negara tersebut masih belum berubah. Pemerintah hanya memberikan pengawasan khusus bagi penerbangan dari dan menuju empat negara tersebut.

Baca Juga: Terpapar Virus Korona, Menhub Beri Sinyal Batasi Penerbangan ke Korea hingga Italia

"Rekomendasi belum ada yang berubah, hanya waspada. 4 daerah itu hanya kita berikan pengawasan khusus bagi penumpang-penumpangnnya," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/4/2020).

Menurut Budi, pihaknya masih akan memantau kondisi terkini dari wabah virus korona. Di sisi lain, pihaknya juga masih menunggu arahan dari lembaga penerbangan internasional terkait status dari empat negara tersebut.

Baca Juga: Imbas Virus Korona, United Airlines Kurangi Jumlah Penerbangan

"Kita sedang mempelajari rekomendasinya," ujarnya

Nantinya lanjut Budi, penumpang dari dan menuju empat negara tersebut akan disediakan jalur khusus untuk menjalani proses pemeriksaan. Pemerintah akan melakukan karantina kepada para penumpang yang terdeteksi sedang sakit dari empat negara tersebut.

"Semuanya. Ada jalur khusus. Jalur khusus terus discanner terus ada karantina apabila ada yang panas atau pilek," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini