Prioritaskan Dalam Negeri, Mendag Minta Produsen Tak Ekspor Masker

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 320 2178701 prioritaskan-dalam-negeri-mendag-minta-produsen-tak-ekspor-masker-sIh3ir18ta.jpg Masker (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan akan meningkatkan produksi masker di Tanah Air. Hal ini untuk mengisi kebutuhan masker di dalam negeri yang habis diborong oleh masyarakat imbas penyebaran virus korona Covid-19.

Baca Juga: Kemendag: Pemerintah Tak Bisa Atur Harga Masker

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pemerintah sudah meminta kepada produsen masker untuk meningkatkan produksinya. Dirinya yakin jika produksi ditingkatkan maka harga masker akan kembali turun.

“Nanti kita juga soal itu produksinya ditingkatkan. Kalau ditingkatkan pasti akan turun lagi,” ujarnya saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga: Masker Dijual Rp300 Ribu per Box, Mendag: Kalau Ada Penimbunan Ditindak

Selain itu lanjut Agus, dirinya juga meminta agar produsen masker mengutamakan kebutuhan di dalam negeri. Meskipun dirinya juga tidak melarang kepada produsen masker untuk mengekspor masker.

“Nanti kita juga. Kita kan ada produksi. Nanti produksinya kita tambah lagi. Intinya kita mengimbau para produsen utamanya jangan diekspor dulu kebutuhan dalam negeri. Kalau kebutuhan dalam negeri otomatis semuanya akan menyesuaikan,” jelasnya.

Di sisi lain, pemerintah bersama dengan aparat akan melakukan pemantauan kepada pedagang yang menjual masker dengan harga tinggi. Apalagi jika ditemukan ada pedagang yang berani nakal dengan melakukan penimbunan.

“Begini kalau masalah sanksi itu aparat. Nanti kalau terjadi penimbunan dan lain-llainnya itu aparat yang bertindak,” ucap Agus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini