Share

Lelang Palsu, Modus Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai

Irene, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 20 2179163 lelang-palsu-modus-penipuan-mengatasnamakan-bea-cukai-DYbspTQtzH.jpg Belanja Online (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyebut modus penipuan lelang palsu menjadi modus yang kerap kali digunakan untuk mengelabuhi masyarakat. Modus ini disandingkan dengan mengatasnamakan institusi bea dan cukai.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (Direktur KIAL) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Syarif Hidayat dalam acara Temu Wartawan tentang Upaya Penipuan yang Mengatasnamakan Bea Cukai mengatakan modus lelang ini bersifat tertutup tetapi resmi.

"Kedua adalah lelang palsu. Modus lelang tertutup tapi resmi," kata Syarif Hidayat, seperti dilansir dari laman kemenkeu, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Baca Juga: Modus Penipuan Jual Beli Online yang Bawa-Bawa Nama Bea Cukai, Seperti Apa?

Padahal, bea dan cukai tidak pernah melakukan lelang secara tertutup. Apalagi lelang yang bersangkutan dengan barang-barang dari Bea Cukai.

"Padahal tidak ada lelang tertutup, selalu terbuka untuk barang-barang dari Bea Cukai," jelas Syarif.

Syarif Hidayat menjelaskan, calon korban nantinya akan diminta untuk mentransfer uang ke rekening pribadi pelaku. Rekening ini kadang disamarkan menjadi rekening bendahara lelang namun intinya tetap adalah rekening pribadi.

Baca Juga: Ada Omnibus Law, Penetapan Objek Cukai Baru Tak Perlu Izin DPR

"Calon korban diminta untuk transfer uang ke rekening pribadi yang kadang disamarkan menjadi rekening bendahara lelang tetapi intinya adalah rekening pribadi seseorang," ungkap Syarif.

Selain itu, Syarif Hidayat juga menyebut modus jual beli online sebagai modus yang sering dipakai dalam penipuan yang mengatasnamakan bea cukai. Dalam modus ini, pelaku akan memasang foto profil WhatsApp Dirjen Bea Cukai dan menawarkan barang sitaan bea cukai dan tidak kena pajak.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini