Uang Dolar AS dari China Akan Dikarantina hingga 10 Hari

Senin 09 Maret 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 20 2180318 uang-dolar-as-dari-china-akan-dikarantina-hingga-10-hari-vpc9QUJkJV.jpg Dolar AS (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) menerapkan tindakan pencegahan ekstra terhadap uang kertas yang masuk ke Amerika Serikat imbas penyebaran virus korona Covid-19. Uang kertas dolar Amerika yang datang dari China akan dikarantina akibat epidemi virus corona.

Juru bicara Bank Sentral AS mengatakan, prosedur baru itu mengharuskan periode penahanan yang lebih lama sehingga uang yang datang dari China atau daerah mana saja di Asia akan ditahan setidaknya selama tujuh hingga 10 hari sebelum setoran diproses.

Baca Juga: Turis ke Bali Turun 33%, Pekerja Akui Mulai Sepi Sejak Imlek

Mekanisme penanganan uang tunai itu mulai berlaku 21 Februari 2020. Demikian seperti dilansir VOA Indonesia, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Jika epidemi menyebar terus dan otorita kesehatan AS atau Departemen Luar Negeri mengidentifikasi negara-negara berisiko tertentu lainnya, Bank Sentral siap untuk menerapkan prosedur tambahan.

Baca Juga: Tingkat Hunian Hotel Turun 70%, Pengusaha Diminta Tak Lakukan PHK

“Jangan takut: kekurangan uang tunai tidak mungkin terjadi karena Bank Sentral selalu punya cadangan darurat mata uang baru yang dapat diedarkan ke publik jika diperlukan," kata juru bicara Bank Sentral AS.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini