Lagi Musim Panen Manggis, Perhatikan 3 Ciri Memilih yang Manis

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 320 2181712 lagi-musim-panen-manggis-perhatikan-3-ciri-memilih-yang-manis-4nDvm0mD0f.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Buah manggis kerap disebut sebagai buah yang penuh khasiat untuk dikonsumsi dan sebagai obat. Khasiat itu tidak hanya terkandung pada buahnya saja, tetapi juga dari akar, batang hingga kulitnya.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian (Kemenpan), saat ini adalah panen musim buah manggis. Pada saat musim panen tiba, Buah manggis banyak diminati tidak hanya konsumen lokal namun juga untuk keperluan ekspor.

Baca Juga: Panen Raya, Ekspor Manggis dari Purwakarta Ditarget Naik 50.000 Ton

Buah manggis memiliki rasa yang kecut dan manis. Paling enak bisa menikmati buah manggis dengan rasanya yang manis dan segar. Namun untuk mendapatkan rasa tersebut harus pandai-pandai memilih.

Berikut ini tips memilih buah manggis, seperti dikutip akun Instagram Kementan, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

1. Warna Kulit

Manggis yang matang sempurna akan memiliki warna kulit ungu kehitaman.

2. Kulit Empuk

Kalau kulit keras tandanya manggis tidak layak dikonsumsi. Kulit manggis yang empuk ketika ditekan, menandakan manggis matang sempurna.

3. Perhatikan Tangkai

Manggis yang baik memiliki tangkai berwarna hijau segar. Terdapat juga daun kelopak yang masih utuh pada tangkainya.

Baca Juga: Manggis Cianjur Tembus Pasar Abu Dhabi hingga Taiwan

Seperti dikutip dari situs Kementan, akar pohon manggis dapat digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur. Kulit batangnya berkhasiat mengatasi nyeri perut. Sementara itu, di Karibia dan Amerika Latin buah manggis dibuat teh dan dikonsumsi sebagai pembangkit stamina.

Di Jepang, daun dan kulit batang manggis sering dipakai untuk mengobati hiperkeratosis, eksim, dan penyakit kulit lain seperti psoriasis karena berefek antiinflamasi. Sementara masyarakat Philipina merebus daun dan kulit batang sebagai obat penurun panas, diare, disentri, dan sulit berkemih.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini