Wisma Atlet Kemayoran Tampung Pasien Corona Mulai Senin?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 470 2185823 wisma-atlet-kemayoran-tampung-pasien-corona-mulai-senin-npNDdk0I5j.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran yang akan disulap menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien virus corona. Hal ini dilakukan dalam rangkan percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 yang jumlahnya terus bertambah.

Baca Juga: Wisma Atlet Bisa Isolasi 15.000 Pasien Virus Corona

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pihaknya sudah menerima perintah dari Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menyiapkan wisma atlet sebagai rumah sakit darurat untuk pasien corona. Rencananya, mulai Senin wisma atlet sudah bisa digunakan sebagai rumah sakit darurat.

"Ini kita pararel kita siapkan Senin sudah bisa masuk sudah bisa digunakan untuk tower 7 dulu," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (19/3/2020).

Baca Juga: Wisma Atlet Bakal Disulap Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Menurut Khalawi, saat ini pihaknya tengah melakukan penyiapan agar wisma atlet tersebut bisa segera digunakan. Termasuk juga sudah mulai memasukan alat-alat kesehatan ke dalam wisma atlet.

"Perlu disiapkan karena ini adalah konsep wisma atlet adalah untuk hunian bukan untuk rumah sakit. Artinya kalau disitu RS darurat nanti ada arahan dari Kementerian Kesehatan," jelasnya.

Mengenai teknisnya lanjut Khalawi, nantinya akan diarahkan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Namun secara keseluruhan, nantinya wisma atlet ini baru bisa digunakan ketika rumah sakit yang menangani pasien virus corona kewalahan.

"Ini untuk antisipasi kalo RS yang ada enggak cukup baru ke wisma atlet," kata Khalawi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini