Erick Thohir Minta Dana CSR BUMN Fokus Tangani Virus Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 320 2186401 erick-thohir-minta-dana-csr-bumn-fokus-tangani-virus-corona-9nY9li6PHr.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan negara difokuskan untuk menjamin kesehatan masyarakat, pengadaan obat, masker hingga alat pelindung diri (APD), di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19.

"Saya ingin sampaikan berapa hal. Kita BUMN akan fokus di kesehatan. CSR BUMN tahun ini kita akan fokus menjamin kesehatan masyarakat," ujarnya, dalam telekonferensi, Jumat (20/3/2020).

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Erick Thohir: BUMN Harus Siap Rugi

Dalam upaya penanganan virus corona ini, BUMN juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian PUPR, BNPB dan lainnya. Seperti berkoordinasi menyiapkan Wisma Atlet di Kemayoran sebagai Rumah Sakit darurat untuk pasien virus corona.

"Kita melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Wisma Atlet yang akan dipakai 4 tower. Kemudian seperti Kemendikbud akan membantu dalam arti volunter, Kemenkes cari ahli dokter yang bekerja di sini termasuk BUMN RS akan di sini (Wisma Atlet)," ujarnya.

Baca Juga: Ada Virus Corona, Presiden Jokowi Minta APBN dan APBD Dirombak

Selain itu, BUMN Farmasi juga terus memproduksi kebutuhan yang diperlukan untukpenanganan virus corona. Seperti masker yang akan diproduksi sebanyak 4,7 juta.

"Kita juga BUMN Farmasi punya obat, yang terpenting gimana obat tersedia untuk yang sakit. beberapa negara sudah lakukannya jumlahnya juga cukup sinifikan sampai 60 ribu pasien. Lalu juga APD kemarin kita cari sumber dari banyak tempat, ini juga kita akan lakukan. Kami gak mau dokter perawat ujung tombak tidak disediakan," tuturnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini