nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Covid-19 Tekan Penjualan dan Harga Saham Semen Indonesia

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 14:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 20 320 2186404 covid-19-tekan-penjualan-dan-harga-saham-semen-indonesia-frDmCyjClX.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) memastikan kinerja penjualannya akan mengalami tekanan pada tahun ini. Tekanan ini datang akibat dari pandemi covid-19 atau virus corona.

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia Vita Mahreyni menjelaskan, tekanan dan perlambatan kondisi perekonomian akibat pandemi covid-19 mempengaruhi kinerja perseroan.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Erick Thohir: BUMN Harus Siap Rugi

Hal ini juga membuat terjadinya lockdown di China dan terhambatnya ekspor serta berpotensi menyebabkan penundaan sejumlah proyek.

"Perseroan memperkirakan penjualan tidak akan lebih baik daripada tahun 2019," kata Vita dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (20/3/2020).

Baca Juga: Erick Thohir Minta Dana CSR BUMN Fokus Tangani Virus Corona

Selain itu, proses produksi perseroan akan berpotensi mengalami perlambatan dan penurunan utilisasi. Ini juga akibat potensi keterlambatan bahan baku dan suku cadang impor yang edapat mempengaruhi proses produksi.

"Perseroan secara insentif melakukan pemantauan terhadap dampak pandemi covid-19 terhadap kinerja operasional dan melakukan berbagai rencana tindakan untuk mengatasi dampak tersebut agar kinerja keuangan perseroan dapat tetap terjaga," jelas dia.

Kondisi pasar saham yang terpuruk dan memukul harga saham SMGR juga merupakan imbas dari wabah virus corona.

Pantauan Okezone, harga saham SMGR pada 4 Maret 2020 mencapai Rp11.400. Pada 19 Maret mencapai Rp5.875. Artinya, harga saham ini sudah mengalami penurunan nyaris sebanyak 50%.

"Namun Perseroan terus berupaya untuk menjaga fundamental perusahaan dalam kondisi yang aman dan terkendali," jelas dia.

Dia melanjutkan, perseroan meyakini bahwa kondisi ini tidak akan berlangsung lama, namun Perseroan tetap siap siaga menghadapi segala perubahan yang mungkin akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini