Share

Presiden Minta BUMN Farmasi Produksi Obat untuk Pasien Covid-19

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 20 Maret 2020 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 320 2186587 presiden-minta-bumn-farmasi-produksi-obat-untuk-pasien-covid-19-eNO50Ad4kF.jpg Ilustrasi Obat (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang farmasi memproduksi obat untuk mengatasi virus corona atau covid-19. Menurut Jokowi, pemerintah sudah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara, agar bisa digunakan untuk mengobati COVID-19 yang sesuai dengan resep dokter.

Baca Juga: Imbas Corona, Erick Thohir Minta Bank BUMN Segera Turunkan Bunga Kredit

“Obat tersebut akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit, dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi. Saya sudah minta kepada BUMN farmasi yang memproduksi ini untuk memperbanyak produksinya,” kata Jokowi dalam konferensi persnya, Jumat (20/3/2020).

Di sisi lain, pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit. Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat COVID-19 dan juga sebagai rumah isolasi pada 21 Maret 2020. Kemudian Pulau Sebaru dan Pulau Galang juga disiapkan untuk menjadi ruang karantina dan observasi dan isolasi.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Dana CSR BUMN Fokus Tangani Virus Corona

“Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu, 28 Maret 2020. Kapasitas rumah sakit rujukan akan terus ditingkatkan dan ditambah, baik dari sisi ruang, dari sisi peralatan, obat, dan SDM,” ungkapnya.

Tak hanya itu, rumah sakit TNI, rumah sakit Polri, dan rumah sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan sebagai rumah sakit COVID-19. “Rumah sakit swasta juga akan diajak serta untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya,” tegas Jokowi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini