Gara-Gara Virus Corona, Penjualan Tekstil Anjlok

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 320 2187914 gara-gara-virus-corona-penjualan-tekstil-anjlok-xJXP62rRh3.jpg Tekstil (Reuters)

JAKARTA - Wabah virus corona yang terus meluas ikut menginfeksi industri tekstil tanah air. Dalam 10 hari terakhir, penjualan dari industri tekstil langsung anjlok tajam.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa mengatakan, tren perbaikan seketika berbalik ketika wabah virus corona ini masuk. Bahkan ada beberapa permintaan yang terpaksa harus dibatalkan akibat pandemi Corona ini.

 Baca juga: Industri Tekstil Tergerus Virus Corona, Pengusaha Minta Ini ke Pemerintah

"Tren perbaikan tersebut berbalik drastis dalam 10 hari terakhir. Permintaan menurun dengan sangat tajam. bahkan sejumlah komitmen permintaan berjalan ditunda bahkan dibatalkan," ujarnya dalam telconfrence, Senin (23/3/2020).

Menurut Jemmy, peristiwa yang terjadi saat ini memang sebuah fenomena yang datang tiba-tiba. Bahkan fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja tapi juga di beberapa negara lain di dunia.

 Baca juga: Ada Virus Korona, Penjualan Masker Naik 2 Kali Lipat

Namun upaya-upaya harus segera diambil oleh pemerintah agar dampaknya tidak jatuh terlalu dalam. Sebab jika terus berlanjut tentunya hal tersebut menjadi kabar buruk bagi para pelaku industri.

Selain itu, anjloknya penjualan ini bakal berdampak pada produktivitas dari industri itu sendiri. Jika sudah terganggu, maka ekonomi negara secara keseluruhan pun akan terkena imbasnya.

"Fenomena yang terjadi serentak dan dalam skala besar ini akan memberi dampak yang tdk menggembirakan terhadap utilisasi industri secara ekstrem dan secara simultan akan berdampak pada produktivitas dan siklus ekonomi TPT," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini