nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Sudah Siap, Jokowi Berharap RS Darurat Corona Wisma Atlet Tak Digunakan

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 13:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 23 470 2187632 meski-sudah-siap-jokowi-berharap-rs-darurat-corona-wisma-atlet-tak-digunakan-GYHcsc1ysF.jpg Wisma Atlet Kemayoran (Foto: Dok PUPR)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengecek kesiapan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit (RS) darurat penangangan virus corona (Covid-19).

Seluruh kesiapan sudah matang, mulai ruangan khusus untuk pasien corona, dokter hingga paramedis. Selain itu sarana dan prasarana juga telah siap, baik untuk ruang penanganan pasien, ventilator dan Alat Pelindung Diri (APD) juga siap

Baca Juga: Langka, Presiden Jokowi Sebut 180 Negara Berebutan Masker hingga Sanitizer

Pada nanti sore, RS darurat Covid-19 dinyatakan siap dipakai, namun Jokowi berharap RS darurat tidak digunakan. Lalu apa maksud Jokowi?

"Sehingga kita harapkan nanti sore rumah sakit darurat untuk corona ini telah bisa dipakai, tetapi saya berharap rumah sakit darurat corona ini tidak digunakan," kata Jokowi saat meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Baca Juga: Obat Corona Chloroquine, Jokowi: Ini Produksi Negara Kita

Meski sudah siap, Jokowi berharap RS darurat tidak digunakan. Jokowi meyakini RS yang sudah disiapkan cukup menampung pasien positif corona dan tersirat bahwa tidak ada lagi pasien positif corona.

"Artinya, rumah sakit yang ada yang telah kita siapkan jauh hari sebelumnya telah bisa melaksanakan penanganan virus korona ini," katanya.

Wisma Atlet Kemayoran memiliki kapasitas 24.000 orang dan sudah disiapkan untuk 3.000 pasien dengan wilayah ruang yang telah ditata dengan sebuah manajemen yang baik, baik itu untuk pasien, untuk dokter, untuk paramedis, semuanya ditempatkan dengan manajemen ruang yang berbeda.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini