nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imbas Covid-19, Curhat Pekerja Restoran yang Kini Dibayar per Order

Selasa 24 Maret 2020 14:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 24 320 2188276 imbas-covid-19-curhat-pekerja-restoran-yang-kini-dibayar-per-order-Vloq5uALv5.jpg Restoran di Australia Harus Tutup. (Foto: Okezone.com/ABC Indonesia)

JAKARTA - Pemerintah Australia terus berupaya memerangi pandemi virus corona atau Covid-19, di mana dampak terhadap sektor ekonomi sangat besar. Bisnis-bisnis di Australia mengalami penurunan pendapatan, bahkan kerugian.

Akibatnya pelaku industri di sejumlah sektor dan pemilik bisnis terpaksa mengurangi jumlah pegawai yang dibutuhkannya. Atau menyesuaikan gaji para pekerjanya.

Baca Juga: Pekerja Indonesia di Australia Terancam PHK Akibat Virus Corona

Seperti yang diungkap seorang pekerja yang bekerja sebagai kurir minuman alkohol di Melbourne. Dia mengaku terpaksa berhemat, karena harus mengikuti perubahan peraturan dari perusahaannya akibat wabah virus corona. Perusahaanya telah menurunkan jumlah pembelian minuman dan menimbulkan kerugian cukup besar.

"Sistem gaji kami akan berubah. Kalau dulu kan dibayar per jam, sedangkan kalau sekarang dibayar per pesanan. Jadi kalau tidak ada order, tidak dapat uang," ujar pekerja yang tak mau disebutkan namanya, dilansir dari ABC Indonesia, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga: Ini Profesi-Profesi yang Paling Terdampak Covid-19 di Skenario Sedang

David terpaksa harus menggunakan tabungannya untuk membeli kendaraan baru untuk mengejar pesanan dari para pembeli.

Sementara itu, karena peraturan baru perusahaan, total upahnya berkurang hingga AUD100, atau sekitar Rp900 ribu per hari. "Kalau biasanya kerja seharian dari pagi bisa dapat sekitar AUD300 (Rp2,7 juta) per hari, sekarang menurut teman-teman saya maksimum AUD200 (Rp1,8 juta)," katanya.

Selain bekerja, dirinya merupakan seorang mahasiswa yang mendapat beasiswa memang tidak perlu membayar uang sekolahnya sendiri.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini