4 Komitmen Negara G20 Perangi Covid-19: Cegah Dampak Negatif ke Perekonomian

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 20 2189843 4-komitmen-negara-g20-perangi-covid-19-cegah-dampak-negatif-ke-perekonomian-41xuAdyWrM.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Pimpinan negara G20 berkomiteman atas empat hal terkait dengan wabah virus corona atau covid-19.

Empat komitmen sebagai hasil dari pertemuan extraordinary G20 adalah, pertama bersama-sama memerangi covid-19. Kedua, mencegah terjadinya dampak negatif terhadap global economy dari pandemik virus corona. Ketiga, global supply chain dan kempat, cooperation membantu negara miskin.

 Baca juga: Sri Mulyani Terharu Presiden Jokowi Tetap Ikut Rapat G20 Meski Tengah Berduka

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai mengikuti KTT LB G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis 26 Maret 2020 malam.

Hasil tersebut, menurutnya, juga memiliki keterkaitan dengan komitmen pertemuan Menteri-menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral yang telah dilaksanakan secara virtual dua hari yang sebelumnya. Demikian dilansir dari laman Setkab, Jumat (27/3/2020).

Baca juga:Presiden Ajak Negara G20 Perangi Covid-19 dan Atasi Pelemahan Ekonomi

“Dan yang ketiga adalah tadi untuk mengatasi global supply chains terutama untuk barang-barang yang berhubungan dengan medical equipment dan medical tools yang sekarang ini menjadi sangat-sangat dibutuhkan,” ujar dia.

Poin keempat, menurut Menlu membantu terutama memperkuat cooperation untuk membantu negara-negara yang paling miskin.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini