Imbas Covid-19, Pabrik Masker Kesulitan Bahan Baku

Minggu 29 Maret 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 29 320 2190791 imbas-covid-19-pabrik-masker-kesulitan-bahan-baku-6kH5wvTTft.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Produksi masker di Australia meningkat tajam karena adanya virus corona. Namun untuk meningkatkan produksi, pabrik kesulitan membeli bahan pembuat masker dari luar negeri.

"Tidak ada pemasok bahan dasar untuk jenis masker ini di Australia dan itulah masalah utamanya," kata CEO perusahaan Med-Con Steve Csiszar dilansir dari ABC, Minggu (29/3/2020).

Negara yang biasanya menjadi pemasok bahan dasar sekarang juga tidak menjual, karena kebutuhan di dalam negeri mereka sendiri.

"Kami sudah meminta kedutaan untuk mendatangi perusahaan pemasok bahan dasar ini di negara asal dan mencoba meminta mereka mengirimkan bahan-bahan tersebut."

Baca Juga: Fakta Soal Masker, Larangan Impor hingga Kenaikan Harga

Kini, Steve mengatakan, sudah ada 10 kontainer bahan dasar yang sedang dalam perjalanan ke pabrik mereka.

Med-Con beroperasi di Australia selama belasan tahun, namun hanya memasok sebagian kecil masker ke industri medis di Australia, karena bersaing dengan China.

"Kita harus memiliki industri seperti ini, sehingga kita tidak akan menghadapi masalah seperti ini lagi, apalagi kalau ini terjadi lagi di masa depan." kata Csiszar.

Baca Juga: Tenang, Erick Thohir Sebut BUMN Bakal Produksi 6 Juta Masker

"Sebenarnya alat perlindungan diri [APD] ini sebagian besar berasal dari China dan pusat produksinya di China sebenarnya di Wuhan, dimana virus ini berasal."

Di banyak negara, harga masker dan pakaian untuk petugas medis sudah naik tajam, sejak krisis virus corona merebak.

Minggu lalu, pemerintah Australia meminta berbagai perusahaan di dalam negari untuk membantu, jika mereka mampu memproduksi APD. Sekitar 130 perusahaan sudah menyatakan kesanggupan mereka.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini