nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Indonesia Butuh 3 Juta APD hingga Akhir Mei

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 30 320 2191204 presiden-jokowi-indonesia-butuh-3-juta-apd-hingga-akhir-mei-vDcnNwb5Jv.jpg Presiden Jokowi (setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta agar produksi APD untuk tenaga medis bisa dipercepat. Langkah ini dilakukan agar penanganan pasien corona oleh tenaga medis bisa lebih cepat.

Menurut Jokowi, kebutuhan APD hingga Mei mencapai 3 juta. Menurutya, kebutuhan ini seharusnya bisa dipenuhi dengan cepat mengingat ada 18 perusahaan dan produsen APD di dalam negeri.

 Baca juga: Imbas Covid-19, Pabrik Masker Kesulitan Bahan Baku

“Soal APD masih terbatas, perhitungan menunjukan kita butuh 3 juta APD hingga akhir mei, ini saya minta ada percepatan pengadaan apd dan saya juga minta agar digunakan produk dalam negeri, arena data yang saya terima ada 18 peruahan produsen apd di negara kita,” ujarnya dalam teleconfrence, Senin (30/3/2020).

Dirinya juga meminta agar 18 perusahaan ini bisa dipermudah untuk mendapatkan bahan baku. Salah satu caranha adaah dengan mempermudah atau memangkas izin impor bahan baku kepada perusahaan tersebut.

 Baca juga: Pabrik Masker di Australia Naikkan Produksi Jadi 50 Juta

“Untuk mendukung produksi apd saya minta diberikan kemudahan untuk bahan baku yang masuk dari impor. berikan kemudahan,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga minta diberikan kebebasan dalam pengembangan produksi alat alat kesehatan. Khususnga bagi alat kesehatan seperti ventilator yang dibutuhkan di dalam negeri.

 Baca juga: Bahan Baku dari China, RI Geber Produksi APD hingga Masker

“Saya juga minta diberikan percepeatan pengembangan yang mungkin kita juga negara lain banyak kekurangan ventilator agar ini bisa diproduksi dalam negeri,” kata Jokowi.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini