nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imbau Masyarakat Tak Mudik, Menko Luhut Ingatkan Harga Tiket Mahal

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 15:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 320 2193019 mudik-di-tengah-wabah-covid-19-physical-distancing-diterapkan-dalam-angkutan-umum-GhXchFieYl.jpg Mudik (Foto: Okezone)

 JAKARTA - Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik pada lebaran tahun ini. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona di daerah-daerah

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, jika masyarakat mudik sekarang akan ada lonjakan harga tiket pada angkutan umum. Tentunya hal ini akan semakin memberatkan masyarakat khususnya masyarakat bawah.

Apalagi pada tahun ini pemerintah tidak menyelenggarakan program mudik gratis. Artinya, jika ingin pulang ke kampung halaman harus menyiapkan uang ekstra.

Baca Juga: Mendagri Imbau Masyarakat Tunda Mudik Lebaran Tahun Ini

"Nah ini akan berdampak pada harga-harga angkutan kalau memang ada juga yang mudik," ujarnya dalam telekonferensi, Kamis (2/4/2020).

Berdasarkan pengalaman dan pada kondisi normal saja harga tiket angkutan umum mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Apalagi saat ini kondisi di dalam negeri sedang menghadapi pandemik virus Corona yang bisa membuat harga semakin melonjak tinggi.

Lonjakan ini karena penumpang yang sedikit. Sedangkan ongkosi operasional angkutan umum tidaklah sedikit, sehingga beberapa perusahaan transportasi menaikkan harganya.

"Karena satu bus yang penumpangnya 40 mungkin hanya tinggal dua puluh sehingga tentu harga bisa melonjak," ucapnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini