4 Instruksi Presiden untuk Alirkan Listrik ke Semua Desa di Indonesia

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 320 2193417 4-instruksi-presiden-untuk-alirkan-listrik-ke-semua-desa-di-indonesia-7t1i1rpreg.jpg Listrik Gratis untuk Pelanggan 450 Va. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan empat langkah untuk memastikan semua desa di Indonesia mendapatkan aliran listrik. Sekarang ini masih 433 desa yang masih belum terlistriki.

"Karena itu saya ingin menekankan beberapa hal, yang pertama untuk 433 desa yang belum berlistrik saya minta diidentifikasi secara jelas desa mana yang berdekatan dengan desa yang tak berlistrik," jelas Presiden, Jumat (3/4/2020).

Baca Juga: Belum Dapat Listrik, 433 Desa Masih Gelap Gulita

Dengan demikian, harus diketahui desa mana yang jaraknya rumah penduduknya berjauhan dan mana yang berdekatan. Sehingga, lanjutnya, dapat ditentukan strategi pendekatan teknologi yang tepat.

"Apakah dengan ekstensi jaringan listrik dan ataukan dengan pembangunan minigrade seperti spt micro hydro PLTD ataupun distribusi sambung listrik yang dilengkapi dengan stasiun MCSE," sebut dia.

Baca Juga: Jokowi Soroti Akses Listrik RI Kalah Jauh dengan Malaysia hingga Singapura

Kedua, lanjut Presiden, harus disiapkan anggaran regulasi dan kebijakan yang diperlukan untuk mendukung program desa listrik ini.

"Dan yang ketiga, saya minta agar tidak cukup desa berlistrik tapi juga peningkatan akses warga yang utama warga miskin akan mendapatkan listrik," jelas dia.

Terakhir, Presiden meminta minta program listrik untuk desa ini betul betul memberikan nilai tambah bagi peningkatan produktivitas ekonomi di desa.

"Sehingga program listrik perlu ada sambungannya dengan program pemanfaatan listrik secara efisien dan produktif," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini