nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendes: Relawan Desa Harus Jadi Logistik bagi ODP Virus Corona

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 05 April 2020 09:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 05 320 2194352 kemendes-relawan-desa-harus-jadi-logistik-bagi-odp-virus-corona-EYOIPpuKWh.jpg Sembako (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertingga dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah membuat relawan Covid-19 di pedesaan. Di mana hal ini untuk menekan angka penyebaran virus corona di daerah-daerah.

Kepala Badan Peneliti dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi Kemendes PDTT, Eko Sri Haryanto mengatakan salah satu tugas relawan desa nantinya akan menjadi logistik bagi para orang dalam pemantauan (ODP). Apalagi ruang lingkup ODP terbatas.

 Baca juga: Presiden Jokowi: Dana Desa Jadi Instrumen Jaring Pengaman Sosial

"Karena banyak yang terkait dengan dampak ekonominya, karena mereka para ODP terputus pekerjaannya," ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Dirinya mengatakan, para pekerja ODP tersebut akan terbatas ruang lingkupnya. Hal ini karena diisolasi dalam rumah membuatnya sulit untuk mengakses apapun.

 Baca juga: Dana Desa 2020 Akan Digunakan untuk Padat Karya Tunai dan Tanggap Covid-19

"karena harus di rumah, dia terbatas ruang lingkup di dalam pekerjaan," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, relawan desa harus dapat membantu untuk menangani dengan mitigasi ekonomi. Hal ini agar mereka tidak mengalami kesulitan ekonomi.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini