Jokowi Minta Pemda Segera Rombak Anggaran demi Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 06 April 2020 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 06 20 2194747 jokowi-minta-pemda-segera-rombak-anggaran-demi-covid-19-lLDS2UrAEw.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta agar daerah segera melakukan realokasi anggaran pendapatan dan belanja daerahnya. Hal ini penting dilakukan untuk mempercepat penanganan virus corona di daerah-daerah.

Menurut Jokowi, realokasi anggaran harus dilakukan dengan cepat. Sehingga pemerintah daerah bisa mengambil tindakan cepat dalam penanganan virus corona.

“Karena ini penting jangan sampai ini kita juga terlambat,” ujarnya dalam telekonferensi, Senin (6/4/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Pertanyakan Perlaksanaan PSBB ke Gugus Tugas Covid-19

Jokowi pun ingin agar daerah segera melaporkan hasil realokasi anggarannya kepada dirinya. Sehingga dirinya bisa memonitor daerah mana saja yang belum melaksanakan.

“Saya minta diupdate berapa persen kabupetan, provinsi dan kota yang telah melakukan kegiatan realokasi anggaran dan refocusing APBD,” kata Jokowi.

Selain melakukan realokasi anggaran, dirinya juga meminta agar jaring pengaman sosial bisa segera dilaksanakan. Khususnya yang berkaitan kepada bantuan sosial untuk para pekerja informal.

“Terutama berkaitan dnegan jaring pengaman sosial agar segra bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata Jokowi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini