nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Erick Thohir Fokus Datangkan Ventilator dari Luar Negeri

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 06 April 2020 19:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 06 320 2195105 erick-thohir-fokus-datangkan-ventilator-dari-luar-negeri-sMKYEs0P8R.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut pemerintah terus berupaya mendatangkan maupun memproduksi alat kesehatan untuk penanganan virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Salah satu alat kesehatan tersebut adalah ventilator.

Seperti diketahui, pemerintah masih kekurangan alat ventilator di tengah pandemi corona (Covid-19). Ventilator merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan.

Baca Juga: Intip Fasilitas Hotel dan RS BUMN Tangani Covid-19

"Saat ini, kami (pemerintah) akan berfokus untuk mendatangkan ventilator dari luar negeri, baik membeli atuapun sumbangan dari sejumlah pihak," ujar dia di Jakarta, Senin (6/5/2020).

Dia juga menjelaskan, pihaknya terus memantau pengembangan ventilator yang dilakukan oleh sejumlah institusi pendidikan lokal. Seperti penemuan yang ada di Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

"Bahkan kami dari pertahanan, BPPT dan PT Len Industri (Persero) sudah melihat. Kalau bisa kami bantu produksi tentu kami bantu," ungkap dia.

Baca Juga: Erick Thohir Cek Kesiapan Hotel Patra Jasa Jadi RS Darurat Covid-19

Namun, lanjut dia, pengadaan alat kesehatan saat ini untuk penanganan Covid-19 tidak mudah dilakukan. Sebab, semua negara tengah membutuhkan hal serupa sehingga peningkatan permintaan terjadi secara global.

"Tapi, kami berkoordinasi dengan industri untuk menjemput bahan baku produksi alat kesehatan. Misalnya, produksi masker di dalam negeri masih mengandalkan bahan baku dari China dan Korea Selatan," tandas dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini