Dampak Covid-19 ke Sektor Industri, Pariwisata Sangat Tinggi Sementara Farmasi Rendah

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 320 2196619 dampak-covid-19-ke-sektor-industri-pariwisata-sangat-tinggi-sementara-farmasi-rendah-xdcKgZ4M6H.jpg Farmasi (Reuters)

JAKARTA - Dampak virus corona atau covid-19 ke berbagai sektor industri akan beragam. Hal ini tergantung bagaimana karakteristik dari sektor itu sendiri.

Misalnya, apakah sektor industri tersebut menyebabkan berkumpulnya orang banyak dan memnyebabkan terjadinya interaksi yang cukup sering.

 Baca juga:Perangi Covid-19, Ini Negara-Negara yang Terima Bantuan IMF dan World Bank

Atau apakah sektor industri tersebut sangat tergantung pada kebutuhan mobilitas yang tinggi, entah untuk keperluan bisnis atau sekadar liburan.

Tentu saja industri yang seperti ini akan mengalami tekanan di era covid-19. Di mana orang sangat disarankan untuk berkumpul karena berpotensi menyebarkan virus tersebut.

 Baca juga: Menkeu Beberkan Bantuan-Bantuan dari Lembaga Multilateral untuk Covid-19

Hal ini yang menyebabkan dampak covid-19 ke industri pariwisata menjadi sangat tinggi. Demikian menurut laporan Boad of Innovation, Kamis (9/4/2020).

 BOF Riset

Dampak covid-19 juga dinilai tinggi untuk industri olahraga, musik, dan automotif. Sementara dampak ke sekstor industri bverages dan ritel dinilai medium. Sementara virus corona ke sektor farmasi dinilai akan rendah.

Dampak covid-19 ke sejumlah sektor industri:

1. Sektor pariwisata: Sangat tinggi

2. Sektor olahraga: Tinggi

3. Sektor musik: Tinggi

4. Sektor Automotif: Tinggi

5. Sektor beverages: Medium

6. Sektor ritel: Medium

7. Sektor farmasi: Rendah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini