Menteri Keuangan Uni Eropa Sepakati Paket Stimulus Ekonomi Atasi Covid-19

Sabtu 11 April 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 20 2197517 menteri-keuangan-uni-eropa-sepakati-paket-stimulus-ekonomi-atasi-covid-19-1bjMPnAF4q.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri-menteri keuangan dari 19 negara anggota zona euro, menyepakati paket lebih dari setengah triliun euro untuk membantu perusahaan-perusahaan, pekerja dan sistem layanan kesehatan mengurangi dampak ekonomi akibat wabah virus corona.

Presiden Eurogroup Mario Centeno yang beranggotakan menteri-menteri keuangan zona euro, menyebut paket itu sebagai langkah yang sama sekali belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Virus Corona, IMF Peringatkan Depresi Terburuk Sejak 1930 

Paket tersebut, jelas Centeno, jumlahnya mendekati empat persen PDB Eropa dan merupakan stabilisator otomatis yang cukup kuat untuk melindungi ekonomi Eropa apabila terjadi krisis.

“Kita tidak pernah bereaksi sedemikian cepatnya terhadap krisis seperti sekarang ini,” lanjut Centeno seperti dilansir VOA Indonesia, Jakarta, Sabtu (11/4/2020).

 Covid-19

Langkah-langkah tersebut akan memberi Italia dan Spanyol yang sangat terpukul oleh wabah ini, akses cepat ke dana talangan zona euro hingga 240 miliar euro, selama dana itu digunakan untuk kebutuhan sistem layanan kesehatan mereka.

Centeno mengatakan pada konferensi pers melalui video bahwa negara-negara diperkirakan mengidentifikasi cukup banyak biaya kesehatan untuk mendapatkan dana tersebut.

Kredit ini tersedia hanya selama wabah COVID-19 dan berakhir segera setelah itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini