Uni Eropa Berlakukan Bea Masuk Baja dari RI hingga China

Minggu 12 April 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 12 320 2197973 uni-eropa-berlakukan-bea-masuk-baja-dari-ri-hingga-china-nBrk3LapSi.jpg Pelabuhan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Eropa telah memberlakukan bea masuk antidumping terhadap sejumlah produk baja nirkarat dari China, Indonesia dan Taiwan. Menurut sebuah jurnal, langkah itu diambil hampir delapan bulan setelah Komisi itu memulai penyelidikan atas berbagai impor murah.

Baca Juga: Menteri Keuangan Uni Eropa Sepakati Paket Stimulus Ekonomi Atasi Covid-19

Bea masuk atas baja canai panas nirkarat dalam bentuk lembaran dan plat itu termasuk 17% atas pengiriman dari dua perusahaan Indonesia. Keduanya merupakan anak perusahaan China Tsingshan Holding Group. Perluasan perusahaan yang cepat serta ongkos produksi yang rendah di Indonesia membuat para produsen Uni Eropa resah mengenai saham.

Saingan Tsingshan di China, Shanxi Taigang Stainless Steel Co Ltd, dan tiga afiliasi dikenai bea masuk tertinggi sebesar 18%, sementara beberapa perusahaan China daratan lain dikenai 14,5% dan 17,4%. Bea masuk terhadap Taiwan lebih rendah, kisaran 6% sampai 7,5%.

Baca Juga: Virus Corona, IMF Peringatkan Depresi Terburuk Sejak 1930

Dilansir dari VOA, Minggu (12/4/2020), regulasi tersebut mencatat, mulai 7 April, diperkirakan bea masuk itu akan memulihkan kondisi perdagangan yang adil, mengakhiri depresi harga dan memungkinkan industri Uni Eropa untuk pulih. Regulasi itu juga mencatat tekanan harga menyebabkan dampak serius pada profitabilitas.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini