Ekonomi Amerika Latin Diprediksi Anjlok hingga 5%

Senin 13 April 2020 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 20 2198378 ekonomi-amerika-latin-diprediksi-anjlok-hingga-5-vJCgCtc9ke.jpg Dolar (Reuters)

JAKARTA - Bank Dunia memperkirakan pandemi virus corona bisa menyebabkan ekonomi Amerika Latin dan Karibia merosot hampir 5% tahun ini.

Penjabat wakil presiden Bank Dunia untuk Amerika Latin, Humberto Lopez, mengatakan penurunan yang tajam itu mungkin akan memaksa pemerintah di wilayah itu untuk mengambil alih sebagian bisnis supaya tetap bertahan.

 Baca juga: Ramalan World Bank: Kondisi Ekonomi Asia Selatan Terburuk dalam 40 Tahun

"Untuk mendukung pekerjaan dan perusahaan, pemerintah-pemerintah mungkin perlu mengambil alih saham-saham kepemilikan di perusahaan-perusahaan yang penting dan stratagis. Untuk menghindari krisis keuangan, mereka perlu merekapitalisasi bank-bank dan menyerap aset-aset yang berkinerja buruk," kata Lopex dalam sebuah laporan baru Bank Dunia mengutip VoA Indonesia.

Dia menambahkan bahwa Bank Dunia harus mengambil langkah untuk membantu meredam kerusakan dan menguraikan kerangka kerja bagi pemulihan secepat mungkin.

 Baca juga: World Bank Beri Bantuan Perangi Covid-19, India Paling Besar hingga Rp16,4 Triliun

Laporan itu mendesak pemerintah-pemerintah Latin untuk "transparan dan profesional" dalam membantu bisnis-bisnis yang terkena dampaknya untuk menghindari kemungkinan korupsi dan hukuman di kemudian hari.

Prediksi Bank Dunia bahwa negara-negara Amerika Latin akan mengalami kontraksi ekonomi 4,6 persen itu lebih buruk dibandingkan prediksi PBB sebelumnya yang memperkirakan penurunan ekonomi antara 1,8 persen sampai 4 persen.

Laporan Bank Dunia itu mengatakan bahwa meskipun ekonomi negara-negara Latin akan jatuh tahun ini akibat pandemi, tetapi Bank Dunia memprediksi pemulihan 2,6 persen pada 2021.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini