Dalam 1,5 Bulan, KKP Tangkap 19 Kapal Illegal Fishing

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 13 April 2020 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 320 2198313 dalam-1-5-bulan-kkp-tangkap-19-kapal-illegal-fishing-8ll6jcZOc1.jpg Penangkapan Kapal Illegal Fishing di Perairan Indonesia. (Foto: Okezone.com/Dok. KKP)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat sudah 19 kapal illegal fishing yang diamabkan dalam kurun waktu 1,5 bulan. Artinya, penangkapan ini dilakukan dalam masa tanggap darurat pandemi Covid-19.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengatakan, rentetan penangkapan KIA pelaku illegal fishing ini merupakan penegasan bahwa KKP tetap konsisten dalam melindungi sumber daya laut Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan operasi pengawasan yang terus dilakukan selama periode tersebut.

”Kami sama sekali tidak mengurangi intensitas operasi pengawasan di laut, ini komitmen dan konsistensi KKP bahwa sumber daya kelautan dan perikanan harus kita lindungi dalam kondisi apapun”, tegas Edhy, dalam keterangannya, Senin (13/4/2020).

Baca Juga: KKP Tangkap 3 Kapal Ilegal Asal Malaysia

Secara khusus Menteri Edhy juga menyoroti trend peningkatan kegiatan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia selama pandemi Covid-19. Sebagaimana diketahui, sebelumnya KKP juga telah melakukan serangkaian penangkapan KIA ilegal di Laut Natuna Utara, Selat Malaka dan Laut Sulawesi.

”Ada 19 kapal yang ditangkap dalam waktu 1,5 bulan terakhir dari 3 sektor pengawasan berbeda. Di sinilah kesiap siagaan kami menjaga laut Indonesia teruji. Hal ini seharusnya menjadi warning bagi kita semua untuk meningkatkan kewaspadaan”, ujar Edhy.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini