Stok Pangan Dijamin Aman hingga 4 Bulan ke Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 13 April 2020 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 320 2198345 stok-pangan-dijamin-aman-hingga-4-bulan-ke-depan-22PYcuTU7J.jpg Pasar Tradisional (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketersediaan pangan selama masa pandemi Corona atau (covid-19) dipastikan aman. Bahkan untuk stok pangan ini diklaim cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama 4 bulan ke depan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan pangan. Sebab, pemerintah akan terus memastikan stok pangan di daerah-daerah tetap terjaga.

Baca Juga: Stok Beras hingga Gula Dipastikan Aman di Tengah Covid-19

"Ketersediaan pangan, tadi pak Menteri Pertanian (Mentan) menyampaikan kesampaian pangan 3-4 bulan ke depan Alhamdulillah," ujarnya dalam teleconfrence, Senin (13/4/2020).

Menurut Doni, amannya stok pangan juga membuat harga-harga relatif stabil. Bahkan beberapa komoditas yang sempat naik kini juga sudah mulai turun kembali.

"Barang kebutuhan sehari-hari yang mengalami peningkatan ada beberapa yang sudah stabil," kata Doni.

beras

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar kepala daerah menjaga ketersediaan bahan pokok. Apalagi saat ini Indonesia tengah dihadapi oleh pandemi corona yang semakin meluas.

Menurut Jokowi, ketersediaan bahan pangan sangat penting. Mengingat saat ini aktivitas masyarakat juga sudah mulai dibatasi untuk keluar rumah.

"Saya ingatkan lagi mungkin ini pak Menteri ini pak Menteri Dalam Negeri agar menjaga Gubernur Bupati dan Walikota diingatkan untuk menjaga ketersediaan bahan pokok," kata Jokowi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini