Menteri Basuki Siapkan Rp100 Miliar Borong Karet Petani untuk Aspal

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 13 April 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 320 2198560 menteri-basuki-siapkan-rp100-miliar-borong-karet-petani-untuk-aspal-bq9YYS8eNi.jpg Pohon Karet (Reuters)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membeli karet hasil produksi petani untuk campuran aspal. Untuk membeli karet petani ini, Kementerian PUPR menyiapkan anggaran sebesar Rp100 miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembelian karet ini untuk membantu para petani. Sebab saat ini harga komoditas karet sedang jatuh sehingga banyak petani yang merugi.

 Baca juga: Menristek Diminta Lakukan Penelitian Karet Jadi Bahan Bakar

"Kita mau membeli karet-karet dari rakyat yang sekarang sedang turun hargannya. Untuk itu kita beli jadi campuran aspal karet. Kita siapkan anggaran Rp100 miliar," ujarnya dalam teleconfrence, Senin (13/4/2020).

Menurut Basuki, nantinya akan membeli langsung karet-karet ini dari petani tanpa perantara. Ada beberapa daerah yang sudah didata untuk karetnya dibeli.

 Baca juga: Petani Tidak Rugi Kalau Karet dan Bijinya Dijadikan Bahan Baku BBN

"Kita beli langsung ke koperasi di kawasan koperasi penghasil karet seperti Pontianak, Lampung, Jambi dan Riau," ucapnya.

Menurut Basuki, dana Rp100 miliar ini akan diambil dari anggaran padat karya. Adapun anggaran padat karya yang disiapkan oleh pemerintah adalah sebesar Rp10 triliun.

"Jadi totalnya ada Rp10 triliun (dari padat karya)," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini