Share

Cara Kemenhub Agar Pengembalian Tiket Mudik Tak Ada Masalah

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 19 April 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 320 2201615 cara-kemenhub-agar-pengembalian-tiket-mudik-tak-ada-masalah-W3xJWXiM9a.jpg Kereta (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah memberikan kebijakan agar yang sudah terlanjur membeli tiket untuk mudik akan dikembalikan utuh. Pengembalian uang tersebut berlaku untuk semua moda transportasi.

Apalagi, pemerintah tengah mempersiapkan larangan mudik pada musim Lebaran tahun ini. Larangan mudik sebagai upaya mencegah penyebaran pandemik corona atau Covid-19 di daerah-daerah.

 Baca juga: Diimbau Tak Mudik, Hasil Survei Minat Menurun Tapi 11% Warga Tetap Pulang Kampung

"Menyangkut pembelian tiket, kemarin arahan Pak Menko Maritim jelas dan tegas agar itu dikembalikan dan enggak ada pemotongan. Jadi memang tiket-tiket yang sudah diberikan harusnya dikembalikan," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, skema pengembalian tetap dilakukan tidak bertatap muka melainkan dengan online. Hal ini untuk meredam penyebaran virus Corona atau Covid-19.

 Baca juga: Menko Luhut Minta Kemenhub buat Skema Opsi Larangan Mudik Lebaran

Menurut Budi, saat ini PT Kereta Api Indoneisa (Persero) sudah melakukan pengembalian uang tiket kepada para pemudik. Namun menurut Budi, proses pengembaliannya akan dilakukan secara bertahap.

"Sehingga orang juga enggak datang ke stasiun atau terminal tapi online. Contoh tiket kereta dan pesawat Pak Menko minta kembalikan semua, PT KAI sudah mulai penuh refund-nya tapi bertahap," kata Budi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini