Share

Gubernur BI Prediksi Inflasi Selama Ramadan Lebih Rendah

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 20 2203298 gubernur-bi-prediksi-inflasi-selama-ramadan-lebih-rendah-nk5XREwz3D.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA -Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai laju inflasi selama bulan Ramadan akan lebih rendah dan terkendali. Sebab, ada beberapa komoditas yang sudah memasuki masa panen.

"Insya Allah akhri minggu ini mulai bulan Ramadan, kira kira inflasi bulan ini dan Ramadan naik seperti apa? Perkiraan kami ifnlasi April dan Mei Ramadan. Inflasi akan lebih rendah dari histtory," ujarnya, dalam telekonferensi, Rabu (22/4/2020).

Perry mengatakan, ada beberapa penyebab kenapa inflasi pada Ramadan bisa lebih rendah. Pertama, pada April, Mei merupakan masa panen.

Baca Juga: Harga Terkendali, Inflasi Minggu ke-3 April Diprediksi 0,22%

"Pasokan untuk komoditas pokok ada dan cukup dan pemerintah jamin kecukupan pasokan. Jadi akan mendukung terkendlainya inflasi," ujarnya.

Kedua, permintaan lebih rendah sebab aktivitas atau mobilitas masyarakat berkurang di tengah pandemi virus corona dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Bukan berarti tingkat kegiatan ritual agak berkurang , malah meningkat. Dengan virtual pengajuan lebih banyak dan tadarus dan lain akan lebih semarak," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini