Share

Stok Daging Sapi dan Gula Terhambat karena Lockdown di Beberapa Negara

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 26 April 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 26 320 2205161 stok-daging-sapi-dan-gula-terhambat-karena-lockdown-di-beberapa-negara-TOg5FGSUJR.jpg Daging Sapi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan ada hambatan pada ketersediaan beberapa komoditas pangan. Antara lain, komoditas daging sapi, gula pasir dan bawang putih.

"Masalah bawang putih karena masih impor, gula putih juga karena masih impor dan ketiga daging sapi agak terlambat importir kita karena terjadi lockdown di beberapa negara atau melakukan penutupan pelabuhannya sehingga terlanmbat kirim," kata dia dalam telekonferesni, Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Disentil Jokowi tentang Harga Beras, Apa Kata Kementan dan Kemendag?

Kendati demikian, Mentan mengatakan, masalah ketiga komoditas tersebut mulai teratasi saat mendekati Ramadhan. Utamanya permasalahan gula pasir yang harganya naik di atas batas Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Di akhir jelang puasa proses bawang putih, gula berporses cukup kuat dan gula diambil dari raw sugar dialihkan ke gula putih kurang lebih 250 ribu ton sudah tersedia," imbuhnya.

Baca juga: Disentil Jokowi, Benarkah Ada Permainan Harga Jual Beras dan Gabah Kering?

Di sisi lain, ketersediaan 11 komoditas utama cukup baik. Mentan menyebut, dari neraca pangan 11 komoditas utama tercatat dalam kondisi aman dan terkendali.

"Kalau gitu Insha Allah Kementan yakin stok pangan kita khususnya beras dalam tersedia cukup aman dan terkendali," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini