Larang Mudik, Kemenhub Pantau Pelabuhan Batang hingga Patimban

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 320 2205956 larang-mudik-kemenhub-pantau-pelabuhan-batang-hingga-patimban-ScQBDQ6aUO.jpg Kemenhub Sosialisasi Pelarangan Mudik di Pelabuhan. (Foto: Okezone.com/Kemenhub)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan melakukan pemantauan langsung ke beberapa pelabuhan di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), yakni Pelabuhan Batang, Pelabuhan Tegal, Pelabuhan Cirebon dan Pelabuhan Patimban. Pemantauan dilakukan untuk mensosialisasikan dan menyampaikan penerapan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 terkait pelarangan mudik.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo mengatakan, mengingatkan pentingnya jajaran petugas di lapangan agar mensosialisasikan dan melaksanakan sepenuhnya larangan mudik pada Lebaran tahun 1441 H / 2020 guna mencegah serta memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona.

Di mana sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 tahun 2020 telah mengatur larangan penggunaan sarana transportasi laut untuk kegiatan mudik pada masa angkutan Lebaran tahun 2020 yang berlaku untuk semua kapal penumpang mulai tanggal 24 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020.

Baca Juga: Pebisnis Diizinkan Naik Pesawat Saat Pelarangan Mudik, Begini Penjelasan Kemenhub

”Larangan pengoperasian kapal penumpang tersebut diberlakukan bagi kapal yang melayani penumpang untuk pelayaran mudik dalam satu wilayah propinsi/kabupaten/kecamatan dimana Pemerintah Daerah menerapkan PSBB, dan atau pelayaran antar propinsi/ kabupaten/kecamatan dimana salah satu Pemerintah Daerah Pelabuhan asal/singgah/ tujuan menerapkan PSBB," kata Agus, dalam keterangannya, Selasa (28/4/2020).

Agus meminta agar jajarannya untuk mensosialisasikan dan menyampaikan penerapan PM 25/2020 tersebut kepada masyarakat dengan cara-cara yang persuasif dan menjaga agar suasana di lapangan tetap kondusif.

"Sampaikan penjelasan terkait larangan mudik di Lebaran 2020 yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, dengan cara persuasif, mengedepankan pendekatan kekeluargaan agar kondisi di lapangan tetap terjaga dan kondusif. Saya yakin masyarakat juga memahami kondisi saat ini dan mau bekerjasama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19," ujar Dirjen Agus.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini