Produksi April 5,62 Juta Ton, Jokowi Minta Bulog Serap Beras Petani dengan Harga Layak

Selasa 28 April 2020 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 28 320 2206150 produksi-april-5-62-juta-ton-jokowi-minta-bulog-serap-beras-petani-dengan-harga-layak-8wmWN4CuO7.jpg joko

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyebut pada bulan ini akan terjadi puncak panen raya. Diperkirakan, produksi beras dari panen raya ini mencapai 5,62 juta ton.

Menurut Jokowi, hal tersebut menjadi kabar yang menggemberikan karena bisa memenuhi stok pangan di tengah pandemi corona dan bulan puasa. Apalagi beberapa waktu lalu, organisasi pangan dan pertanian dunia mengeluarkan imbauan adanya krisis pangan.

"Kita berharap puncak panen raya bulan April produksi beras kita saya dapat laporan 5,62 juta ton. Ini sangat bagus," ujarnya dalam rapat terbatas virtual, Selasa (28/4/2020).

Baca juga: Disentil Jokowi, Benarkah Ada Permainan Harga Jual Beras dan Gabah Kering?

Menurut Jokowi, produksi petani yang melimpah ini harus diikuti oleh serapan yang tinggi. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk menyerap gabah petani dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Saya juga minta Bulog tetap beli gabah petani dengan intensif harga layak dan fleksibilitas memadai," jelasnya.

Tak hanya itu lanjut Jokowi, dirinya juga ingin ada perhitungan dari hasil panen raya yang nantinya akan berlangsung pada bulan ini. Selain itu, lanjut Jokowi, dirinya juga ingin meminta data prediksi cuaca yang akan terjadi pada tahun ini.

Baca Juga: Mentan: Stok Beras Aman, hingga Mei Ada Sisa 8 Juta Ton

Langkah ini akan dijadikan acuan bagi pemerintah untuk membuat kebijakan. Sehingga meskipun ada musim kemarau panjang pun, stok beras tidak akan terganggu.

"Dan juga tolong dikalkulasi dihitung kemungkinan terjadi kemarau panjang di 2020 ini, walaupun prediksi BMKG tidak ada cuaca yang ekstrim namun tetap harus mewaspadai terutama berkaitan dengan ketersediaan beras nasional kita," kata Jokowi.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini