Tak Lagi di Monas, Ini Lokasi Penukaran Uang untuk Lebaran

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 320 2207440 tak-lagi-di-monas-ini-lokasi-penukaran-uang-untuk-lebaran-U8AU3wFG5l.jpeg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyebut penukaran uang untuk kebutuhan Lebaran tahun ini tidak akan digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Hal itu mencegah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Jadi yang membedakan, kita tahun lalu melakukan kegiatan di luar kantor misalnya tahun lalu di Monas dan di jalan tol," ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim pada telekonferensi, Kamis (30/4/2020).

Menurut dia, untuk menghindari penumpukan antrean, maka para mitra bisnis BI penukaran dilakukan secara wholesale di Bank Indonesia dan layanan penukaran uang untuk Ramadan dan Lebaran dimulai pada 29 April hingga 20 Mei 2020.

"Kami tidak melayani ritel individual. Sebab kita menghindari penumpukan orang, di mana dengan pengambilan uang secara langsung di BI atau mitra strategis. Maupun bank-bank yang bekerja sama dengan mitra strategis tersebut," ungkap dia.

Dia menambahkan, masyarakat bisa melakukan penukaran melalui loket-loker perbankan yang telah bersinergi dengan BI. Tercatat ada di 3.742 kantor cabang bank di seluruh Indonesia yang akan melayani penukaran.

"Untuk mendukung mitigasi Covid-19 protokol layanan kepada masyarakat, maka itu diberlakukan dalam penukaran uang tersebut," tandas dia.

  Rupiah Melemah Pagi Ini ke Rp15.525/USD

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini