Ikatan Dokter Dukung Upaya Erick Thohir Berantas Mafia Alat Kesehatan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 320 2209720 ikatan-dokter-dukung-upaya-erick-thohir-berantas-mafia-alat-kesehatan-NArgcJoOVP.jpg Alat Kesehatan Penangangan Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sedang menyusun roadmap Health Security Nasional, sebagai langkah meningkatkan daya saing industri kesehatan dalam negeri. Selain menciptakan kemandirian dalam menghadapi segala wabah penyakit ke depannya, juga mengurangi impor dan memberantas praktek mafia alat kesehatan.

Menanggapi rencana tersebut, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Mohammad Adib Khumaidi menilai, konsep Health Security Nasional dari BUMN harus sudah disiapkan.

“Kita harus apresiasi apa yang dilakukan oleh Menteri BUMN terkait dengan hal ini karena menyangkut hajat rakyat banyak salah satunya aspek kesehatan,” ujar Adib, dalam keterangannya, Selasa (5/5/2020).

Baca Juga: Erick Thohir: Selamat Jalan The Godfather of Broken Heart

Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, menunjukan jelas bahwa Indonesia membutuhkan kemandirian bangsa khususnya dalam bidang kesehatan. Tidak terus-terusan tergantung dengan alat kesehatan dari negara lain.

“Disaat situasi seperti ini kita terlihat sangat tergantung negara lain, apakah itu sarana prasarana, apakah itu alat kesehatan, apakah itu obat-obatan, artinya tergantung dengan impor,” katanya.

Sebanyak 90% bahan baku, obat-obatan, alat kesehatan banyak yang didatangkan dari luar negeri, tentunya pola seperti ini harus dirubah dengan membuat blue print yang menjadi prioritas jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Saya kira cukup bagus bagi kesehatan Indonesia ke depan,” tuturnya.

Untuk membangun sebuah sistem kesehatantidak bisa hanya membangun dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) atau hanya sekedar mengandalkan katakanlah pembiayaan jaminan kesehatan bagi masyarakat, tetapi juga dibutuhkan subsistem logistik.

“Logistik itu salah satunya Alkes, obat-obatan serta sarana dan prasarana pendukung didalam kesehatan lainya,” bebernya.

IDI akan sangat mendukung terkait kebijakan tersebut, dengan membantu dalam bentuk penelitian dan pengembangan, menjadi bagian dalam pengembangan industri kesehatan Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini