Dilarang Naik Kereta Bila Tak Penuhi Syarat Berikut Ini

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 320 2212179 dilarang-naik-kereta-bila-tak-penuhi-syarat-berikut-ini-IdbFWxBLWS.jpg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Masyarakat diizinkan untuk ke luar kota, namun dengan syarat yang sangat ketat sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Seperti para penumpang yang ingin berpergian dengan kereta diharapkan memperhatikan syaratnya sebelum membeli tiket.

Untuk dapat membeli tiket kereta, calon penumpang diharuskan melengkapi persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19. Persyaratan tersebut di antaranya menunjukkan surat hasil tes negatif Covid-19, surat tugas dari perusahaan, KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah, serta dokumen pendukung lainnya sesuai peraturan (Persyaratan Lengkap Terlampir).

Jika sudah lengkap, calon penumpang melapor ke Posko Gugus Tugas Covid-19 yang tersedia di stasiun penjualan tiket untuk menyerahkan berkas. Jika sudah diverifikasi, calon penumpang akan mendapatkan Surat Izin dari Satgas Covid19 dua rangkap.

Baca Juga: Mulai Besok, Perjalanan Kereta Api Kembali Dioperasikan

Lembar pertama diberikan ke petugas loket saat akan membeli tiket dan lembar kedua ditunjukkan kepada petugas pada saat boarding. Surat Izin tersebut berlaku hanya untuk satu kali perjalanan.

“KAI membentuk posko penjagaan dan pemeriksaan tersebut berkordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Polisi, TNI, Pemerintah Daerah, Gugus Tugas Covid-19 Daerah, dan instansi terkait lainnya,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangannya, Senin (11/5/2020).

Setiap penumpang yang akan menggunakan KLB tersebut diharuskan untuk menggunakan masker, bersuhu tubuh di bawah 38 derajat Celsius, membawa tiket, identitas asli, serta Surat Izin dari Satgas Covid-19.

“Penumpang yang akan berangkat namun tidak memenuhi persyaratan tersebut, dilarang naik kereta api dan tiket akan dikembalikan 100%,” tegas Joni.

Sebagai informasi, PT Kereta Api Indonesia kembali mengoperasikan perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk berbagai rute mulai tanggal 12 sampai 31 Mei 2020. Penumpang pun sudah bisa memesan tiket pada hari ini, Senin, 11 Mei 2020 di loket stasiun keberangkatan penumpang.

Pemesanan dan pembelian tiket dapat dilakukan mulai H-7 keberangkatan, oleh penumpang yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini