THR PNS hingga Pensiunan Cair Besok

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 14:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 14 320 2214041 thr-pns-hingga-pensiunan-cair-besok-fVVBftY7BJ.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Tunjangan Hari Raya (THR) untuk aparatur negara sipil (ASN) dan pensiunan akan cair pekan ini. Hal tersebut menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2020 yang mengatur tentang pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan Pensiunan. PP itu sendiri ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"PP sudah ditandatangani dan PMKnya sudah. Sekarang persiapan satker untuk eksekusi pembayaran dan diharapkan serentak paling lambat Jumat ini tanggal 15 kalau enggak salah," ujarnya dikutip Kamis (14/5/2020).

Baca Juga: Ternyata THR PNS Bisa Cair Setelah Lebaran, Ini Aturannya 

Sri Mulyani mengatakan, untuk mencairkan THR ini pemerintah menyiapkan anggaran Rp29,382 triliun. Adapun rinciannya adalah Rp6,77 triliun untuk ASN pusat, Polri dan TNI lalu Rp13,98 triliun untuk ASN di daerah dan terakhir Rp8,707 triliun untuk pensiunan.

Rupiah Menguat Tipis Pagi Ini ke Rp16.445 per USD 

"Jadi total THR yang dicairkan Rp29,382 triliun," ujarnya.

Adapun yang menerima THR adalah untuk ASN yang berada di golongan III ke bawah. Sementara untuk ASN dengan golongan Eselon II ke atas dan pejabat pemerintahan tidak akan mendapatkan THR.

 Baca Juga: Siapa Saja PNS yang Tak Dapat THR, Berikut Rinciannya 

"THR ini hanya diberikan kepada seluruh pelaksana dan seluruh TNI, Polri dan hakim dan hakim Agung yang setara jabatan eselon 2 lalu pejabat eselon satu dan dua eselon satu dan dua pejabat daerah enggak mendapatkan THR," kata Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, tidak semua ASN menerima THR karena pemerintah sedang fokus dalam penanganan virus corona. Sehingga, pemerintah melakukan kajian pada pos-pos anggaran yang bisa dihemat.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini