ASDP Pastikan Penumpang Penyeberangan Penuhi Syarat Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 320 2214207 asdp-pastikan-penumpang-penyeberangan-penuhi-syarat-covid-19-yUKRQZG53D.jpg ASDP Awasi Penyeberangan Penumpang Selama PSBB. (Foto: Okezone.com/ASDP)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali angkutan umum di tengah kebijakan pelarangan mudik mudik. Masyrakat boleh berpegian ke luar kota dengan syarat-syarat Covid-19.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pihaknnya akan memperketat jalur masuk ke pelabuhan penyebrangan. Penumpang diperbolehkan masuk pelabuhan penyeberangan yang telah lolos pemeriksaan dari Gugus Tugas.

"Kami itu cek pointnya di luar pelabuhan, tidak di dalam fasilitas pelabuhan. Jadi orang yang lolos ke pelabuhan diasumsikan memang sudah oke menurut cek poin," ujarnya dalam teleconfrence, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga: Mudik Dilarang, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Berhenti Beroperasi

Ira mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Tujuannya agar tidak terjadi jumlah antrean penumpang yang justru bisa melanggar aturan yang ditetapkan pemerintah tentang physcal distancing

"Jadi kalau musim seperti ini saya kira kita semua tahu kuncinya utama adalah koordinasi. Bahwa kadang-kadang ada keadaan agak ini kembali lagi koordinasi," jelasnya.

Baca Juga: Mudik Tetap Dilarang, Kemenhub Akan Keluarkan SE Berpergian untuk Kepentingan Mendesak

Sementara itu, Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Indonesia Ferry Yusuf Hadi menambahkan, jalur masuk ke pelabuhan penyeberangan sudah cukup ketat. Pihaknya melakukan banyak pemeriksaan bersama dengan petugas gugus tugas di sepanjang jalur masuk ke pelabuhan penyeberangan.

"Sebelum pelabuhan sudha ada bufferzone tenanga pengamanan dan petugas juga sekaligus check point. Keluar dari tol merak klo dia lurus, ada restoran pondok makan ditahan dulu oleh petugas. Kalau belum punya tiket dibantu di buffer zone. Tapi dia harus berhenti dulu. Sudah ada cek point pemerintah daerah setempat dari dishub petugas-petugas terkait, sebelum pelabuhan," jelasnya

Yusuf menegaskan kembali, penumpang yang masuk ke pelabuhan penyeberangan yaitu telah memenuhi segala persyaratan Gugus Tugas. Salah astunya adalah harus menyertakan surat sehat bebas covid-19 dari rumah sakit atau fasiltias kesehatan lainnya.

"Angkutan penyeberangan ini sudah ada kenyamanan. Selain cek point covid-19 dan dilapisi buffer zone khusus. Jadi benar-benar sudah terseleksi ke pelabuhan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini