THR PNS Cair Hari Ini, Bagaimana Realita di Lapangan?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 320 2214740 thr-pns-cair-hari-ini-bagaimana-realita-di-lapangan-B60UgfIfk7.jpg THR Wajib Diberikan Sesuai Amanat UU. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan Pensiunan sudah dilakukan mulai hari ini. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2020 yang mengatur tentang pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan Pensiunan yang menyebutkan jika THR akan cair pada H-10 lebaran.

Salah seorang PNS dari Kementerian Hukum dan HAM Miftah Arhdian mengatakan, dirinya sudah menerima pencairan THR mulai hari ini. Meskipun jumlah yang diterima berebeda dengan tahun sebelumnya.

Pada tahun sebelumnya, komponen yang ada dalam THR adalah gaji pokok, tunjangan dan tunjangan kinerja. Namun pada tahun ini, komponen tunjangan kinerja ditiadakan.

Baca Juga: Daftar PNS yang Terima dan Tidak Terima THR

“Sudah cair. Tapi beda dari tahun lalu. Tahun ini komponem THR hanya gaji pokok dan tujangan aja. Tidak termasuk tunjangan kinerja," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (15/5/2020).

Meskipun begitu, dirinya mengaku tidak mempermasalahkan adannya komponen yang dihilangkan pada pencairan THR tahun ini. Mengingat situasi yang terjadi di Indonesia sedang tidak normal akibat adannya virus corona.

"Enggak masalah selama memang anggarannya digunakan buat ke covid ini ya. Toh PNS masih dapet THR walaupun komponennya berkurang," ucapnya.

Baca Juga: Semua PNS Tetap WFH, Termasuk yang Usianya di Bawah 45 Tahun

Miftah juga mengaku bahwa THR ini untuk menjaga daya beli di tengah pandemi corona ini. Sehingga ekonomi juga bisa terus bergerak.

"Pentingg dong. Apalagi buat buruh. Buat PNS aja penting buat jaga daya beli. Apalagi buruh kan dan pegawai-pegawai lainnya," jelasnya.

Sementara itu, PNS dari Kejakasaan Agung Henri Tatan Sunandar juga mengaku sudah menerima THR. Menurutnya, THR yang diterima ini sudah sesuai dengan apa yang diberitakan sebelumnya.

"Saya PNS Kejaksaan Agung tapi di Kejaksaan Negeri. Alhamdulillah sudah cair dan alhamdulillah sesuai yang diberitakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani," ucapnya.

Berbeda dengan Miftan dan Henri, PNS Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Jannisah Rosmana mengaku masih belum menerima THR. Sebab hingga pukul 17.00 WIB, nominal pada saldo ATM belum berubah.

"THR belum cair, masih tetap saldo (ATMnya)," ucapnya.

Menurutnya, THR merupakan hak pegawai apalagi ditengah pandemi virus corona yang melanda Indonesia saat ini. Hanya saja, dirinya mengaku tidak mamaksakan untuk mendapatkan THR mengingat kondisinya yang sedang tidak normal.

"Kalau buat pendapat aku pribadi ya, penting sih karena dapet THR adalah hak kita sebagai pegawai tapi untuk memaksakan harus dapet THR di saat pandemi kayak gini rasanya gak fair dan egois banget di saat orang-orang bahkan yang asalnya punya pekerjaan tiba tiba kena PHK dan ga dapet THR. Jadi aku pribadi ga memaksakan cari tahu kapan cair dan let it flow aja, dapat syukur ga dapet juga ikhlas," ucap wanita yang kerap disapa Janis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini