THR Macet hingga Pelarangan Mudik, Bagaimana Nasib Ekonomi Indonesia?

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 21:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 16 320 2214976 thr-macet-hingga-pelarangan-mudik-bagaimana-nasib-ekonomi-indonesia-2BEkLudAg6.jpg Nasib Ekonomi RI di Tengah Pelarangan Mudik dan Macetnya THR. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pandemi covid-19 ini membuat suasana Idul Fitri tahun ini berbeda. Mulai dari pelarangan mudik sampai persoalan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak semua menerima karena perusahaan kesulitan ekonomi imbas pandemi ini.

Lalu bagaimana imbas pelarangan mudik dan tak diberikannya THR terhadap perekonomian di Indonesia?

Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengatakan, pada kuartal II pertumbuhan ekonomi akan terkoreksi tajam bahkan negatif. Karena stimulus pemerintah yang diberikan juga sangat kecil. Belum lagi penyaluran bantuan yang terkendala karena masalah data, implementasi dan konflik antara pusat dan daerah.

Baca Juga: Begini Hitung-hitungan THR yang Berhak Diterima Pekerja

"Situasi ini membuat orang miskin baru meningkat, daya beli tertekan otomatis konsumsi rumah tangga melambat," ujar dia kepada Okezone, Sabtu (16/5/2020).

Sementara iut, lanjut dia, pelaku usaha akan menjadi bingung, pelonggaran di tengah korban Covid-19 masih tinggi justru membuat orang khawatir belanja di luar rumah.

Baca Juga: Besok, Buruh Gugat Surat Edaran Menaker soal THR Dicicil

"Jadi kebijakan PSBB yang tidak tegas juga berimbas buruk pada pemulihan ekonomi," ungkap dia.

Dia menambahkan, pemerintah harus memperbesar stimulus bagi semua pihak yang terdampak Covid-19 ini. Sekaligus efektifkan kartu prakerja menjadi 100%, bantuan langsung tunai (BLT), kepada korban PHK, serta mengawasi penyaluran bansos lebih cepat lagi.

"Pemerintah butuh speed atau kecepatan agar ekonomi tidak makin terperosok," tandas dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini