Hati-Hati, Izin Operasi Industri Bisa Dicabut!

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 320 2215394 hati-hati-izin-operasi-industri-bisa-dicabut-KMTCTafAJV.jpg Industri (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dapat mencabut zin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) karena dua hal.

Pertama, karena perusahaan tidak melaporkan aktivitas selama tiga minggu berturut-turut. Kedua, atas usulan dari pemerintah daerah kepada Kemenperin.

“Kami berterima kasih kepada pemda yang terus melakukan pembinaan sehingga industri menyadari pentingnya kesehatan dan bisa kembali melaksanakan proses produksi,” Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Baca Juga: Izin Operasional Industri Dicabut jika Tidak Serahkan Laporan Aktivitas

Hingga saat ini Kemenperin telah mengeluarkan sekitar 17.000 IOMKI. "Industri yang memperoleh IOMKI harus secara rutin memberikan laporan aktivitasnya kepada kami," kata Agus.

Menperin menyampaikan, pengajuan IOMKI oleh perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri bersifat sukarela. Namun, industri yang telah memperoleh izin tersebut wajib menjalankan aturan yang melekat dengan IOMKI.

Baca Juga: Menperin: Kawasan Industri Tetap Miliki Izin Operasional Meski Ada Covid-19

“Kewajiban sudah kami detailkan melalui beberapa peraturan, surat kepada kepala daerah, termasuk mekanisme pelaporan aktivitas industri secara rutin melalui SIINAS,” tuturnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini