Pegawai BUMN di Bawah 45 Tahun Bisa Tetap Kerja dari Rumah, Asal...

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 13:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 17 320 2215423 pegawai-bumn-di-bawah-45-tahun-bisa-tetap-kerja-dari-rumah-asal-xgfbxKslZP.jpg Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewajibkan karyawan atau pegawai BUMN yang berusia di bawah 45 tahun masuk ke kantor pada 25 Mei 2020. Sementara, pegawai dengan usia di atas 45 tahun diperbolehkan bekerja dari rumah (Work from home/WFH) sesuai batasan operasi.

Arahan ini diterbitkan Erick dalam Surat Menteri BUMN kepada seluruh Direktur Utama BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tanggal 15 Mei 2020. Surat ini dalam rangka mengantisipasi secara lebih dini skenario The New Normal pada BUMN.

Baca Juga: Erick Thohir Wajibkan Pegawai BUMN Usia di Bawah 45 Tahun Masuk Kantor 25 Mei 2020

Staf Khusus bidang Komunikasi Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa mengenai tanggal-tanggal tersebut itu sesuai dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) suatu wilayahnya.

"Jadi, kalau di wilayah tersebut masih PSBB maaf kita akan mematuhinya. Misalnya PSBB bahwa karyawan tak boleh bekerja maka kita akan mematuhinya dengan karyawan di daerah tersebut tidak bekerja," kata Arya dalam pesan singkatnya kepada media, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Baca Juga: Erick Thohir Minta BUMN Siapkan Strategi Hadapi New Normal Pasca-Covid-19

Namun, lanjut dia, misalnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) itu telah dibuka maka protokol ini akan berlaku dengan sendirinya. Dirinya pun memastikan aturan ini akan lebih ketat.

"Malah sebenarnya kita lebih ketat, setelah PSBB kita lebih ketat, kenapa? Memang dibatasi usia 45 tahun ke bawah yang bisa bekerja, justru yang dilakukan BUMN ini justru protokol kesehatan yang lebih ketat daripada aturan maen yang ada, karena ini hanya berlaku kalau PSBB-nya tak berlaku lagi," ungkap dia.

 "Jadi kalau lebaran ya bentuknya lebaran, tunggu lebaran dulu, gitu lho. Kan bisnisnya kita disesuaikan dengan peraturan yang berlaku lah," sambungnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini