Pasar Tanah Abang Ditutup, Pedagang Macet Bayar Anggota Koperasi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 320 2216339 pasar-tanah-abang-ditutup-pedagang-macet-bayar-anggota-koperasi-rFX0F9LT8P.jpg Pasar Tanah Abang (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Perumda Pasar Jaya akan menunda pembukaan pasar di kawasan Tanah Abang yang sudah dimulai penutupan sementara sejak 27 Maret lalu. Adapun perpanjangan waktu penutupan ini dilakukan meliputi Pasar Tanah Abang Blok A, Pasar Tanah Abang Blok B dan Pasar Tanah Abang Blok F.

Sementara itu, hanya Pasar Tanah Abang Blok G saja yang masih buka seperti sebelumnya namun itu pun terbatas kepada pedagang yang berjualan jenis bahan pangan saja.

Baca Juga: Pasar Tanah Abang Tutup, Pedagang Boleh Ambil Dagangan Mereka

Penundaan pembukaan kembali Pasar Tanah Abang yang terkenal dengan perdagangan tekstil ini sendiri berlandaskan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No.361 Tahun 2020 tentang perpanjangan status tanggap darurat bencana Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta. Hal ini menyikapi perkembangan penyebaran Covid-19 di Jakarta.

Menyikapi hal tersebut, para pedagang terpaksa tidak dapat melakukan penjualan sebagaimana biasanya. Sebagian dari mereka memilih untuk menjajakan dagangannya secara online.

Pemprov DKI Perpanjang Penutupan Pasar Tanah Abang, Pedagang Lesu  

Kendati demikian, tetap saja omzet penjualan turun drastis. Hal ini berdampak pada sulitnya pedagang melunasi iuran koperasi.

Ketua Koperasi Tanah Abang, Yasril Umar mengatakan, para pedagang yang mengalami kesulitan bayar bisa menunda pembayarannya sesuai perjanjian yang sudah dilakukan oleh pihak koperasi.

Baca Juga: Marak PKL Berjualan di Tengah PSBB, Ketua Koperasi Tanah Abang: Memang Dilematis

"Hampir semua pedagang penjualannya merosot misalnya pembayarannya bisa tertunda," tutur Yasril.

"Kalau ada masalah kita tetap diajak untuk terlibat. Kita kasih masukan ke PD Pasar Jaya," pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini