nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PNS Bolos Hari Ini, Siap-Siap Tunjangan Dipotong hingga Dipecat

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 12:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2217951 pns-bolos-hari-ini-siap-siap-tunjangan-dipotong-hingga-dipecat-m8YZrorbbL.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari ini wajib masuk kerja seperti biasa. Hal ini menyusul dibatalkannya cuti bersama dan digeser pada akhir tahun oleh pemerintah.

Penghapusan cuti bersama tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Atas Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 728 Tahun 2019, Nomor 213 Tahun 2019, Nomor 01 Tahun 2019 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020.

Baca Juga: Hati-Hati Gratifikasi, PNS Dilarang Terima Parsel dan Pakai Mobil Dinas saat Lebaran

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, mulai hari ini seluruh ASN bekerja normal. Masing-masing ASN akan diminta untuk melapor kepada atasannya masing-masing.

“Betul hari ini kerja lagi, Laporannya ke atasannya di instansi masing-masing. Kalau habis idul fitri biasanya laporannya ke Menpan,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga: Siap-Siap, PNS Terima Parsel Akan Dilaporkan ke KPK

Menurut Paryono, bagi ASN yang membolos pada hari ini akan ada sanksi yang menjeratnya. Sanksi tersebut beragam karena tergantung pada individunya.

Sebab sanksi disiplin ini diakumulasikan dengan pelanggaran disiplin lainnya. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Dalam aturan tersebut ada berbagai macam tingkatan sanksi bagi PNS yang bolos kerja pada hari ini. Sanksi pertama adalah disiplin ringan berupa teguran tertulis sanksi ini berlaku bagi PNS yang berani bolos 1 hingga 15 hari.

Kemudian sanksi disiplin sedang berupa pemotongan tunjangan hingga penurunan pangkat. Sanksi ini berlaku bagi PNS yang tidak masuk kerja 16-30 hari.

Lalu ada sanksi disiplin berat berupa pemecatan secara tidak hormat. Sanksi ini dijatuhkan kepada PNS yang berani bolos 31-46 hari kerja.

“Kalau tidak masuk kerja tanpa keterangan bisa hukuman disiplin ringan sampai berat,” jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini