nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Penjual Kulit Ketupat di Tengah Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 17:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2218173 cerita-penjual-kulit-ketupat-di-tengah-covid-19-jeXGEI0Ltq.jpg Pedagang Ketupat di Tengah Pandemi Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Jelang hari raya Lebaran, pedagang kulit ketupat mulai bermunculan. Walaupun ada pandemi virus corona atau Covid-19, namun hal ini tidak menjadi halangan bagi pedagang untuk berjualan kulit ketupat.

Seperti pedagang ketupat di Pasar Tanah Merah Penjaringan, Jakarta Pusat. Dari pantauan Okezone, ada beberapa pedagang di pasar mulai menjajakan kulit ketupat.

Salah satu pedagang ketupat, Irna mengatakan, berjualan kulit ketupat pada tahun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Tahun ini, berjualan kulit ketupat di tengah Covid-19 sangat susah. Biasanya tujuh hari sebelum Lebaran kulit ketupat sudah terjual habis, tapi saat ini masih banyak," ujar dia kepada Okezone, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga: Meski Dilarang Mudik, 367.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Wanita yang telah berjualan ketupat selama empat tahun ini menjelaskan, harga kulit ketupat yang dijajakan dibanderol Rp10.000 per ikat. Satu ikat kulit ketupat berisi 10 buah kulit ketupat. Dalam sehari, dirinya menyediakan kurang lebih 1.000 kulit ketupat.

"Biasanya keuntungannya bisa empat kali lipat dari modal. Tapi sekarang sehari mendapat Rp100 ribu juga sudah untung-untungan. Tidak seperti tahun kemarin sehari bisa capai Rp200 ribu hingga Rp500 ribu," ungkap dia.

Dia menceritakan bahwa berjualan kulit ketupat ini keuntungan yang didapat cukup besar setiap tahunnya. Namun dengan adanya pandemi ini keuntungannya sangat kecil dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: PLN Kerahkan 31.000 Personel Amankan Listrik Lebaran
"Di tengah Covid-19 ini, berjulan sangat susah. Jadi saya berharap pandemi Covid-19 ini cepat hilang dari Indonesia," tandas dia.

(fbn)

1
1
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini